BAB 12
PENGARUH
KELUARGA DAN RUMAH TANGGA
Saat
ini keberadaan keluarga dan rumah tangga sanga tmempengaruhi pola dan perilaku konsumen
seseorang. Hal ini didasarkan pada gaya hidup keluarga maupun rumah tangga tersebut.
Semakin tinggi derajat keluarga tersebut, maka makin tinggi pula tingkat perilaku
konsumen mereka . Sebagai contoh, jika jika dalam suatu keluarga dan rumah tangga
merasa memerlukan atau membutuhkan mobil atau pun motor untuk keperluan transportasi, serta memerlukan fasilitas-fasilitas elektronik
maupun furniture, dan mereka memiliki kemampuan untuk membeli kebutuhan
tersebut maka mereka akan membelinya. Dan sebaliknya, jika keluarga dan rumah tangga
memiliki berbagai kebutuhan, tetapi tidak diimbangi oleh kemampuan untuk membelinya,
maka mereka akan memilihat memprioritaskan kebutuhan mereka yang keluarga merupakan
organisasi pembelian konsumen penting dalam masyarakat, yang paling lebih penting.
Dan telah diteliti secara eksensif. Para pemasar tertarik dengan peran dan pengaruh
relative dari suami, istri dan anak - anak
dalam pembelian berbagai macam produk dan jasa. Peran dan pengaruh ini akan sangat
bervariasi di Negara-negara dan kelas-kelas social yang berbeda. Keputusan konsumsi
keluarga melibatkan setidaknya lima peranan yang dapat didefinisikan.
Peranan-peranan ini mungkin dipegang oleh suami, istri, anak, atau anggota lain
dalam rumah tangga. Peranan ganda atau aktor ganda adalah normal. Beberapa studi perilaku konsumen berpendapat
bahwa keluargalah bukan individu yang harus menjadi unit analisis dalam
perilaku konsumen. Apa saja keuntungan dan kerugian penggunaan keluarga sebagai
unit analisis? Keuntungan keluarga sebagai unit analisis ialah : Banyak produk
dibeli oleh konsumen ganda yang bertindak sebagai unit keluarga. Contoh : Rumah
merupakan contoh produk yang dibeli oleh kedua pasangan, dan mungkin melibatkan
anak, kakek/nenek atau anggota lain dari keluarga besar dan mereka terlibat
dalam berbagai tahapo keputusan. Contoh lain: Kegiatan waktu senggang bagi
banyak keluargaadalah berkunjung ke pusat perbelanjaan setempat. Kunjungan
tersebut kerap melibatkan banyak anggota keluarga yang membeli berbagai barang
rumah tangga, busana, dan makanan. Ketika pembelian dibuat oleh individu,
keputrusan pembelian individu bersangkutan mungkin sangat dipengaruhi oleh
anggota lain dalam keluarganya. Orang bertanggung jawab untuk pembelian dan
persiapan makanan keluarga mungkin bertindak sebagai individu di pasar
swalayan, tetapi dipengaruhi oleh preferensi dan kekuasaan lain dalam keluarga.
Konsumen tersebut mungkin menyukai makanan dan kegiatan waktu senggang yang
sama, dan mengemudikan merek mobil yang sama dengan anggota yang lain dalam
keluarga. Pengaruh keluarga dalam keputusan konsumen tersebut benar-benar
meresap. Kerugiannya keluarga sebagai unit analisis: Penggunaan keluarga
sebagai unit analisis yaitu kesulitan dalam mempelajari keluarga sebagai
organisasi. Bagaimana suatu iklan didesain agar mengimbau perbedaan dalam
peranan instrumental dan ekspresif di dalam keluarga? Carilah masing-masing 2
contoh iklan yang menggambarkan peranan instrumental dan ekspresif dalam
keluarga! a. Pada iklan lifebuoy diatas menggambarkan bahwa seorang anak perempuan
ingin mempunyai rambut kuat dan lebat pada hari ulang tahunnya. Sang ibu memberikan
shampoo yang lifebuoy kepadaanaknya agar rambutnya kuat dan lebat sepanjang hari
dan pada saat pesta ulang tahunnya, temannya bertanya “ibu kamu ngasih kado apa?’.anak
menjawab “ rambut kuat dan lebat seperti yang ku mau”. Anak tersebut mengidolakan
rambut ibunya yang bagus, panjang dan lebat. Sehingga ia pun memakai shampoo
sepertiibunya.
Pada iklan pepsodent Ayah Adi dan Dhika menggambarkan bahwa
seorang ayah yang mengajarkan anaknya untuk sikat gigi sebelum tidur karena sikat
gigi sebelum tidur itu penting. Sang anak menurut karena ia tahu bahwa gigi ayahnya
sehat dan tak berlubang karena ayahnya rajin sikat gigi sebelum tdur, oleh sebab
itu sang anak mengikuti kebiasaan malam ayahnya. Pada iklan sabun colek cream
ekonomi menceritakan bahwa sang anak atau Naysilla Mirdad yang ingin pergi dengan temannya dan Naysilla bingung
memilih gaun yang cocok untuk dikenakan, setelah memilih gaun di lemari dari sekian banyak
pilihan ia pun tak merasa cocok. Dan ibunya dahulu, Sang ibu mendekati dan memperlihatkan
sebuah foto sang ibu mengenakan gaun berwarna ayah orange dan sampai saat ini gaun
tersebut masih disimpannya. Akhirnya Naysilla mengenakan gaun tersebut yang masih
bagus karena dicuci dengan sabun cream ekonomi. d. Iklan Mobil Suzuki Ertiga
Lebih Mengerti Keluarga (versi Keluarga Arie Untung Iklan ini menggambarkan
keluarga yang memilih menggunakan produk kendaraan Suzuki ertiga karena produk
ini dikhususkan untuk keluarga, dengan ukuran lebih besar, interior yang
elegant serta lebih sporty dengan harga terjangkau sehingga konsumen yang
menggunakan merasa lebih nyaman. Dalam iklan tersebut menggambarkan peran
instrumental keluarga dalam keputusan pembelian produk kendaraan roda empat
yang sesuai dengan peran fungsional, melibatkan aspek keuangan, karakter
performansi dan sifat fungsional.
Apakah akan
ada lebih banyak atau lebih sedikit wanita yang bekerja di luar rumah pada masa
datang? Variabel apa yang harus dipertimbangkan dalam menjawab pertanyaan ini?
Bagaimana jawabannya mempengaruhi permintaan akan produk konsumen? Iya, menurut
kami akan ada lebih banyak wanita yang akan bekerja diluar rumah pada masa yang
akan datang. Variabel yang mempengaruhi misalnya saja modernisasi dan
globalisasi. Selain itu dipengaruhi variabel struktural misalnya saja
pendapatan, status keluarga, jumlah keluarga. Hal ini karena dengan semakin
maju nya jaman maka kesenjangan antar kaum wanita dan lelaki semakin tidak
terlihat, meskipun batasan batasan masih ada menjalankan/memilih namun apa yang
wanita mereka labih mempunyai inginkan. Kaum kebebasan wanita mulai untuk bisa
memperjuangkan apa yang diinginkan nya, jadi mereka tidak hanya bekerja dirumah
mengurus rumah tangga melainkan juga bisa berkarya diluar rumah. Contoh lain
adalah dengan banyaknya jumlah anggota keluarga seorang wanita juga merasa
mempunyai beban untuk ikut membantu suami dalam memenuhi kebutuhan keluarga.
Variabel lain bisa saja variabel ekonomi, semakin kedepan tantangan dalam hidup
juga pasti akan lebih berat, kebutuhan semakin banyak dan juga harganya semakin
mahal. Oleh karena itu para wanita membuat keputusan untuk ikut bekerja diluar
rumah untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan kebutuhan pribadi wanita sendiri.
hal ini tentu saja akan berpengaruh dengan permintaan akan produk tertentu,
misalnya saja dengan kaum wanita yang mulai bekerja dilluar rumah tentu mereka
akan mempunyai simpana uang sendiri, karena mempunyai uang sendiri itulah
mereka bisa membeli barang barang yang diinginkan. Misalnyanya tas, sepatu,
atau apapun. Padahal sebelumnya, mereka tidak bisa membeli karena merasa tidak
punya uang sendiri dan berfikir bahwa kebutuhan keluarga lebih penting. Contoh
lain, dengan sibuknya para wanita bekerja diluar rumah, tentu para wanita tidak
sempat mengurusi beberapa hal dalam rumah tangga. Sehingga penjualan terhadap
produk tertentu yang bertujuan untuk membantu mempermudah para wanita ini juga
pasti akan meningkat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar