Komunikasi
berasal dari bahasa inggris “ Communication ‘’, yang secara etimologis atau
menurut asal katanya adalah dari bahasa latin communicatus, dan perkataan ini
bersumber pada kata communis. Dalam kata communis ini memiliki makna’berbagi’ atau
menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan
atau kesamaan makna.
Menurut
Ruben dan Steward ( 1998 : 16 ) komunikasi adalah Human Communication is the
process through which individuals – in relationships, group, Organization and
Societies-respond to and create messages to adapt to the environment and one
another. Bahwa komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan,
kelompok, organisasi, dan masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk
beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain.
Komunikasi juga bisa digunakan dalam bahasa
inggris bisnis. Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan atau informasi
untuk mencapai efektivitas dan efisien produk kerja di dalam struktur dan
sistem organisasi. Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak
hanya sekedar informatif tetapi juga harusalah persuasif, agar pihak lain
bersedia menerima suatu paham atau
keyankinan atau melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.
Adapun
bentuk-bentuk dasar komunikasi dalm berbisnis, yaitu :
1. Komunikasi
verbal ( verbal Communication ) adalah bentuk komunikasi yang disampaikan
komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis ( written )atau lisan ( oral
). Contohnya : seorang wartawan menulis berita atau opininya disurat kabar.
2. Komunikasi
non verbal( non verbal Communication ) adalah hal yang penting. Banyak
komunikasi verbal tidak efektif hannya karena komunikatornya tidak menggunakan
komunikasi non verbal dengan baik dalam waktu bersamaan.
Tujuan komunikasi non verbal :
1. Menyediakan
/ memberikan informasi.
2. Mengatur
alur suatu percakapan.
3. Memberi
sifat, melengkapi, menentang atau mengembangkan pesan-pesan verbal.
4. Mengendalikan
atau mempersuasi orang lain.
5. Mempermudah
tugas-tugas khusus.
3. Komunikasi
massa dilakuakan dengan melalui alat, yaitu media massa yang meliputi cetak dan
elektronik.
Komunikasi
bahasa inggris bisnis juga dapat digunakan dalam berbisnis dan meberikan kesan
yang lebih baik dan bagian pemulaan untuk profesional dalam berbisnis. Dibidang
apapun kita bekerja, mungkin kita banyak berhubungan dengan permintaan atau
penyediaan bantuan. Jadi pada saat seseorang menelepon atau datang untuk
meminta bantuan anda, entah itu pelanggan atau atasan kita, tersenyumlah dan
katakan, “ How many I help you?’’ atau “What can I do for you?’’ dan anda harus berhati-hati dalam
menggunakan bahasa inggris, jangan sampai salah berkata misalnya “ What do you want?’’ karena bahasa
tersebut dianggap kasar. Dan dalam dunia bisnis untuk menyapa seseorang harus
menggunakan kata “ Good morning/Good
afternoon/Good evening.’’ Sertakan juga nama belakang mereka : “ Good morning, Ms. Smith.’’
Dalam
dunia bisnis, pada saat mendiskusikan ide atau proyek baru, Anda perlu
menggunakan cara yang sopan untuk menyatakan ide-ide Anda atau mengindikasikan bahwa
anda tidak setuju akan sesuatu. Menggunakan kata “ In my opinion ?”. Pada awal kalimat akan mengindikasikan bahwa Anda
masih terbuka akan pendapat lainnya. Jika anda tidak setuju dengan seseorang,
jangan katakan, “ That’s the dumbest
idea Ive ever heard!” melaikan, “
I’m afraid I dont agree.” Memilih kata-kata anda dengan seksama akan
membuat rekan kerja Anda dengan senang hati mendengarkan Anda
SUMBER :
·
Http//adiprakosa.blogspot.com
·
Modul komunikasi bisnis, 2013. STIE”AMA”
Salatiga.
Ada kursus bahasa Inggris bisnis yang sangat baik di sekolah online EnglishPapa. https://englishpapa.com/business-english/
BalasHapusIni adalah kesempatan untuk mempelajari cara membangun komunikasi bisnis yang memuaskan dalam bahasa Inggris secara efektif dan konsisten dengan bawahan, kolega, atau mitra bisnis Anda.